KARYA KITA CREATIVE e-By:Benk-Benk SANG ELANG THE ADVENTURE OF HAZZARD
-::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::www.karyakita-adv.com::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::-


Photobucket

Selasa, 30 Maret 2010

Apa itu Domain dan Hosting


DOMAIN ‘N’ HOSTING

  Apa yang dimaksud DOMAIN dan HOSTING Mari kawan baca selengkapnya…
Website dapat diumpamakan sebagai sebuah rumah dimana rumah/toko itu dibangun di suatu tempat dan mempunyai sebuah alamat. Barang-barang kepunyaan kita tentu disimpan di dalam rumah tersebut…seperti almari, tv, meja, kursi,dll.. Jika orang lain ingin mengunjungi rumah kita maka yang perlu diketahui oleh orang tersebut adalah alamat rumah kita misalnya Jl.Pahlawan bangsa,Surakarta…. Tanpa rumah kita tentu tidak bisa menyimpan barang-barang keperluan kita, dan tanpa alamat orang lain tentu tidak bisa mengunjungi rumah kita..

Seperti halnya rumah tersebut, website yang kita bangun juga perlu sebuah tempat untuk menyimpan halaman-halaman dan juga file-file yang digunakan dalam website tersebut. Dalam dunia internet, penyimpanan file-file website disebut HOSTING

Jadi, HOSTING adalah penyimpanan file-file website kedalam jaringan internet (internetwork) dimana tempat penyimpanan itu sendiri disediakan oleh sebuah ISP (Internet Server Provider) atau biasa disebut sebagai webserver.

Dengan tersimpannya website kita kedalam internet secara online tentu orang akan bisa mengunjungi website kita dari tempat-tempat yang bisa mengakses internet dan kapan saja. Menurut defenisi tersebut, hosting lebih pada sebuah proses penyimpanan di suatu tempat di internet. Namun, pada umumnya, jika berbicara tentang hosting, maka orang akan identik dengan tempat penyimpanan website di internet. Hal ini lebih pada sebuah benda (lokasi penyimpanan). Meskipun demikian, intinya adalah sama, yaitu bagaimana kita mendapatkan sebuah tempat penyimpanan file-file website kita di internet.

Agar website kita dapat dikunjungi, maka website tersebut harus mempunyai alamat yang bisa diketahui oleh orang lain. Alamat sebuah website disebut dengan istilah DOMAIN

Biasanya domain ditulis dengan awalan http://www ataupun www saja....
Misalnya http://www.karyakita-adv.com. HTTP (HyperText Transfer Protocol) itu sendiri merupakan sebuah aturan atau standar yang digunakan untuk membuat sebuah hubungan antara perangkat-perangkat pengakses internet guna memanggil halaman-halaman WWW (word wide web) atau secara sederhana disebut halaman-halaman internet.

Sebenarnya, domain digunakan untuk mempermudah orang dalam melakukan hubungan pada jaringan yang dituju dimana website yang ingin dilihat tersimpan. Karena pada dasarnya, yang ada adalah alamat IP (Internet Protokol Address) yang merupakan deretan angka-angka biner yang digunakan sebagai identifikasi dari sebuah komputer di internet. Tentu sangat sulit jika harus mengingat deretan angka-angka tersebut, apalagi jika harus berkunjung ke banyak website. Sehingga digunakanlah sebuah DOMAIN sebagai alternatif deretan angka-angka tersebut. Kita bisa memilih beberapa jenis domain. Ada yang berakhiran .com, .co.id, .org, .ac.id, dll, tergantung kebutuhan kita. Misalnya untuk lembaga komersil pada umumnya berakhiran .com ataupun .co.id (di Indonesia). Untuk lembaga pendidikan menggunakan .ac.id, dan untuk organisasi biasanya menggunakan .org.

HOSTING dan DOMAIN merupakan dua hal mutlak yang harus ada jika kita menginginkan sebuah website yang siap diakses oleh seluruh dunia.

Bagaimana mendapatkan hosting maupun domain website? Di dunia internet banyak provider (webserver) yang menyediakan layanan hosting dan domain baik gratis atau yang bayar. Untuk hosting ataupun domain yang bayar harganya juga bervariasi tergantung layanan yang diberikan dan kapasitas serta lama penggunaannya (dapat diperpanjang). Sedangkan untuk yang gratis biasanya provider-nya akan menyisipkan link ataupun iklan kedalam website kita atau domain yang kita dapatkan biasanya mengandung kata atau alamat provider-nya. Baik yang gratis maupun yang bayar tentu ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.
 Sampun Paham……….!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISIKAN KOMENTAR KRITIK ATAU SARAN ANDA